aku dan kamu adalah energi,...segala sesuatu dalam semesta ini adalah energi,...dan energi itu terhubung satu sama lain,...

28 Agustus 2008

Selamat datang Seri A

(Sori lho kalau di tulisan ini aku njelek-jelekkin liga atau klub lain, soale ngomongin bola kalo gak jelek-jelekin yg lain gak seru!! he..he..)

Akhirnya datang lagi Seri A, liga paling berkualitas di benua eropa, kenapa kok aku bilang sebagai liga paling berkualitas, soalnya nih liga udah menghasilkan negara tempatnya bernaung sebagai juara piala dunia paling banyak di daratan eropa, liga ini juga selalu menghasilkan pemain terbaik eropa maupun dunia, yang terakhir adalah mas Kaka yang berasal dari klub yang berkarakter & bertradisi kuat juara eropa yaitu AC Milan. Gak tanggung-tanggung 7 dari 11 pemain terbaik dunia versi resmi FIFA dihasilkan dari kompetisi ini. Bahkan 1 dari 2 legenda sepakbola dunia pernah bermain di liga ini.

Emang sih kalau dibandingkan dengan liga Inggris, seri A masih kurang glamour dan kurang komersil, tapi kalo dari segi kualitas jelas liga Inggris gak ada apa-apanya dibanding seri A. Hingga detik ini aku menulis, liga Inggris belum pernah menghasilkan pemain terbaik eropa maupun dunia. Negaranyapun baru sekali juara piala dunia, itupun juara karena menjadi tuan rumah, tahu sendiri kan kalau menjadi tuan rumah biasanya banyak keuntungan yang diciptakan untuk kepentingan si…. ya sapa lagi…. kalau bukan tim tuan rumah.

Sebagai mbahnya negara industri, emang sih Inggris mampu meramu sepakbola menjadi industri bisnis yang luar biasa, dan seperti kebanyakan industri yang lain, maka publikasi & promosi gencar adalah ujung tombak yang mutlak untuk dilakukan dalam menjalankan strategi bisnis. Makanya walaupun prestasi biasa-biasa aja tapi karena promosi media yang bombastis akhirnya seolah-olah mereka itu memiliki prestasi yang super.

Bayangkan coba, si Alex Ferguson yang melatih Manchester United lebih dari 20-an tahun kok bisa-bisanya dibilang hebat, padahal selama itu dia hanya menghasilakan 2 gelar Liga Champion, dan belum pernah mencetak pemain terbaik dunia barang sebijipun, sungguh pencapaian yang sangat buruk. Coba kalau dia melatih di Seri A mungkin sudah dipecat sedari dulu. Prestasinya jauh banget bila dibandingkan dengan Carlo Ancelloti pelatih AC Milan, dalam 5 tahun dia melatih Milan, dia sudah mempersembahkan 2 gelar Liga Champion, 3 kali masuk final, 2 kali semifinal & sekali perempat final dan mencetak 2 pemain terbaik eropa & 1 pemain terbaik dunia, ini baru hebaaat.

Ada lagi si Mourinho, walaupun pernah sekali juara Liga Champion bersama FC Porto, tapi sebenernya dia gak terkenal-terkenal amat, dia menjadi terkenal kan gara-gara masuk Inggris. Nah mulut bocornya itu yang akhirnya menjadi konsumsi empuk media Inggris sebagai wahana promosi heboh, biasalah dunia marketing ikan teri dibilang paus.

Tapi heran juga, ngapain si Moratti sampe terpengaruh propaganda media gombal dengan menjadikannya pelatih di Inter, menyebabkan dia menjadi satu-satunya pelatih asing di Seri A musim ini. Kita lihat saja akan berkata apa si Mourinho nanti setelah timnya dibantai tim impian bertradisi kuat seperti AC Milan.

Perilaku para pemain Seri A di luar lapangan juga sangat santun, jauh berbeda dengan para pemain liga Inggris. Paolo Maldini, Francesco Totti, Alexander Del Piero adalah sebagian contoh pemain yang sangat setia dengan keluarganya, gak pernah tertimpa gossip miring, gak pernah keluyuran malam-malam. Kaka ? ini apalagi, dia seorang yang sangat saleh, religius, kalau mencetak gol selalu mengacungkan jarinya ke atas sebagai ungkapan syukur pada Tuhan, selalu menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk gereja di negaranya Brasil sono, gak ngerokok, gak doyan alkohol, apalagi dugem, pokoknya jauh deh dari kehidupan malam, apa mungkin mereka semua begitu karena pengaruh tradisi Katholik yang masih kuat di Itali yah, tauk deh. Beda buanget sama Cristiano Ronaldo, Wayne Rooyne (eh nulise bener ra?), Nani, yang kalau menang selalu merayakannya di klub malam, suka gonta ganti pasangan, selalu jadi bahan gossip, yang heboh ya pas Ronaldo & Nani pesta sex itu.

He…he…jadi ngelantur, pokoknya dah aku cuma mau ngucapin selamat datang buat Seri A, yang pasti hari Minggu besok jam 20.00 Wib seluruh aktivitas kehidupanku di dunia ini aku hentikan khusus unutk nonton AC Milan vs Bologna, dan pastilah Bologna akan dilumat habis. Oh ya sekalian aja, prediksiku kali ini AC Milan akan kembali ke jalur scudetto, kali ini AC Milan adalah tim terkuat di dunia dengan para pemain bertabur bintang yang dilengkapi dengan 3 pemain terbaik eropa seperti Ronaldinho, Sheva & Kaka, belum lagi ketambahan para pemain brilian dan sarat pengalaman seperti Pato, Zambrotta, Pirlo, Gattuso, Flamini, Nesta, Maldini & Seedorf. Forza Milaaaaan, il diavollo roso.

0 komentar: