aku dan kamu adalah energi,...segala sesuatu dalam semesta ini adalah energi,...dan energi itu terhubung satu sama lain,...

03 September 2008

Ikhlas & bersyukur

Pagi-pagi buka millis miskam aku baca tulisan dari orang yang selama ini udah banyak ngajarin aku tentang kehidupan, dia ini teman seangkatanku dulu waktu kuliah. Kalo ngeliat gayanya dulu waktu kuliah sih preman abis, rambut gondrong sepantat, selalu pake anting-anting kanan-kiri, celana sobek-sobek, jarang kuliah, pokoke celelekan lah.

Tapi itu dulu, sekarang dia udah jadi manajer accounting & finance di salah satu perusahaan consumer goods papan atas di Indonesia dan membawahi seluruh area Kalimantan. Dia inilah yang pertama kali ngajarin aku cara menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar, cara berdoa, cara berpuasa, cara hidup yang penuh syukur, belajar untuk hidup ikhlas, selalu positif thinking dalam segala hal.

Dulu awalnya apa yang dia omongin sering aku ketawain, sampe akhirnya aku membuktikan apa yang diomongkannya itu ternyata benar, mulai saat itu deh aku mulai membuka diri terhadap apa-apa yang dulu pernah dia omongin dan terus mempelajarinya sampe sekarang.

Tulisan di millis yang dia kirim begini bunyinya:

kenapa kita trs menerus mencari kebahagiaan??? apakah mungkin krn kita manusia, memiliki suatu hubungan dengan eksistensi yg tak terbatas?? kenyataan keseharian.. banyak dari kita membuat kesalahan serius dengan membangun bermacam syarat utk memperoleh kebahagiaan berdasarkan kekayaan, ketenaran, kesenangan sesaat dan hal2 yg terbatas dan selalu berubah..

banyak org yg kekayaannya, kesuksesannya melebihi apa yg sudah dibayangkan, yg sudah di imajinasikan dengan pikirannya, tetapi terus menginginkan lebih banyak lagi dan lagi..ketika berusaha sia2 utk menemukan kebahagiaan. Usaha yg sia2 krn mereka berusaha menemukan kebahagiaan yg tak terbatas di dalam uang dan kekayaan yg terbatas..

segala sesuatu yg dapat di lihat oleh mata manusia berasal dari dunia yg terbatas ini. Cepat ato lambat segala materi akan berakhir. Selama kita merumuskan kebahagiaan dengan demikian, hati kita akan selalu terasa kosong..

aku pcy semua manusia pny hasrat utk menggapai materi yg dlm benak hampir semua org adalah ukuran nilai kebahagiaan.. hasrat dalam jumlah yg tepat di butuhkan agar org berusaha lebih baik dan masalah akan muncul ketika kita menjadi budak hasrat kita sendiri..ga bs di pungkiri kita hidup di lingkungan masyarakat yg di bangun berdasarkan hasrat yg tak terpuaskan..

lalu apa yg perlu di lakukan agar dapat melepaskan diri dari hasrat yg tak pernah berakhir dan kemudian menemukan kebahagiaan sejati??? jawabnya adalah memiliki hati yg iklas dan bersyukur..meski kenyataan keseharian tidaklah mudah utk melakukan,,bukan hanya sekedar di ucapkan..aku iklas,,aku bersyukur..tp di butuhkan suatu proses yg panjng dan cobaan2 yg akan menguji seberapa benar ucapan kita tsb, seberapa sungguh kita melakuakn dengan hati..krn alam semesta akan merespon tidak hanya semua apa yg kita pikirkan tp juga apa yg terucap.. celoteh berdasarkan perjalanan hidup...

salam dr borneo
tanto

Gambar diambil dari sini

1 komentar:

T5'Bogor'-Alumni Miskam mengatakan...

Allo mas pey...ternyata mas Tanto punya isnpirasi yang "dalem " ya...gw gak nyangka.Salam sukses yaa...