aku dan kamu adalah energi,...segala sesuatu dalam semesta ini adalah energi,...dan energi itu terhubung satu sama lain,...

31 Juli 2008

Bebas Tafsir


Manusia itu kan bebas berpendapat, beropini, bahkan berprasangka, terlepas dari seberapa banyak & seberapa akurat info yg didapat. Ibarat 2 orang buta memegang seekor gajah, ketika salah satu memegang belalai maka dia akan berkata bahwa gajah itu panjang, ketika salah satunya lagi memegang telinga maka dia akan berkata bahwa gajah itu lebar, jadi ya begitulah hidup....bebas tafsir....mungkin karena merasa meraba dengan telapak tangannya sendiri....tapi sayangnya kurang menyeluruh....hanya sepenggal....

Sebenernya sakit juga sih kalo menjadi korban dari pandangan sepihak yang kayak gini, apalagi kalo pandangan sepihak itu hanya berasal dari secuil info dari orang yang katanya mengalami peristiwanya sendiri, atau melihat secara langsung dengan mata kepalanya sendiri, atau memegang dengan tangannya sendiri.

Tapi karena yang dialaminya sendiri itu cuma secuil, yang dilihat cuma secuil, yang dipegang cuma secuil, jadinya seperti orang buta yang memegang telinga atau belalai gajah persis ilustrasi yang di atas itu.

Ya begitulah kehidupan. Sebagai salah satu orang yang menghargai kebebasan berpendapat, beropini, bahkan berprasangka, selama itu tidak menyerang dan merugikan orang secara fisik, aku sih oke-oke saja, walaupun belum lama ini aku menjadi korban dari pandangan sepihak, easy going dab.

1 komentar:

age ratna mengatakan...

mana ocehanmu yang lain bro?